Minggu, 29 Desember 2013

Belajar Anak Usia BATITA ( Bawah Tiga Tahun)

Sering kali para ibu mengatakan bahwa belum waktunya bagi anak usia dini untuk belajar. Kasihan nanti masa kanak-kanaknya jika sudah dibebani untuk belajar,  Belajarnya kalau sudah masuk TK saja atau kalau sudah masuk SD. Bisa dikatakan benar pendapat orang tua seperti itu, karena anak diusia dini masanya adalah bermain dengan teman seusianya.

Namun jika kita merujuk pada hadits Rasulullah SAW, "Tuntutlah ilmu sejak dari ayunan sampai ke liang lahat" .. Artinya para orang tua tidaklah perlu khawatir lagi atau merasa kasihan untuk mengajari anak-anaknya diusia dini bahkan diusia nol bulan sekalipun

Ada beberapa pelajaran yang bisa diajarkan pada anak usia Bawah Tiga Tahun ( BATITA)

1. Belajar berbicara
Melatih anak berbicara bisa dilakukan dari usia anak nol bulan. Dalam hal ini para orang tua yang mempunyai anak masih bayi, ajaklah anak bicara sambil menyusui ataupun sambil digendong. meski mereka belum bisa bicara, namun dengan stimulasi yang berulang-ulang akan mempercepat si anak disaat mereka belajar berbicara.

2. Belajar mengingat/menghafal
Belajar mengingat/menghafal bagi balita bisa dilakukan sejak mereka masih dalam ayunan. Dalam hal ini tentunya peranan para orang tua sangat penting.
Belajar mengingat dapat dilakukan dengan dengan melakukan stimulasi-stimulasi yang tepat. Stimulasi tersebut dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi, bermain, bercerita ataupun mendengarkan kaset atau yang sudah kita rekan sebelumnya di gadget kita, dan berkomunikasi

3. Belajar mengenal Warna
Belajar mengenal warna ini bisa dilakukan dengan mengajar anak bermain dengan mainan-mainannya yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 
Kita juga dapat menyebutkan warna apa saja kepada anak kita di setiap gambar yang kite perlihatkan kepada anak kita.

4. Belajar disiplin
Belajar kediplinan ini bisa dimulai sejak usia mereka 7 bulan. Usia dimana mereka sudah mulai bisa merangkak dan duduk. Diusia ini kita bisa mengajarkan mereka untu disiplin merapihkan mainannya kembali, tentunya dengan dibantu ibu untuk mengajak mencontohkan kepada anaknya dimana mainannya harus diletakkan kembali setelah selesai bermain.
Dengan melihat contoh dari ibu, si anak akan terlatih nantinya untuk disiplin terhadap barang-barangnya.

Demikianlah beberapa point pelajaran yang bisa kita ajarkan kepada anak kita diusia BATITA (Bawah Tiga Tahun) .. Tanamkan pada anak bahwa belajar itu menyenangkan .. Jadilah ibu SMART yang tidak kehabisan akal dalam mengajarkan putra-putrinya,  karena Ibu adalah Guru di rumah.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar