Minggu, 05 Januari 2014

Homeschooling dan Penanggung Jawab Homeshooling

Homeschooling ( sekolah rumah) adalah model pembelajaran informal yang dilaksanakan diluar jam sekolah... Homeschooling ini pendidikan informal yang pelaku uatamanya adalah orang tua sebagai penanggung jawab pendidikan anaknya...

Meski dalam Homeshooling, orang tua bertanggung jawab penduh terhadap pendidikan anaknya, namun dalam pelaksanaanya bukan berarti orang tua sendiri yang mengajarkan anaknya, orang tua dapat mencarikan anaknya guru privat yang sesuai bidangnya untuk mengajarkan anaknya atau mendaftarkan anaknya ke lembaga kursus sesuai minat si anak.

Homeshooling adalah model pembelajaran yang bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja, tidak seperti di sekolah pada umumnya yang memang terpaku pada jadwal sekolah. Dalam pelaksanaan Homeshooling bisa didiskusikan dengan si anak, apa yang ingin dipelajari si anak. 

Dalam praktek homeschooling tidak harus memenuhi penyetaraan pendidikan. Pendidikan kesetaraan adalah hak dan bersifat opsional. Jika praktisi homeschooling menginginkannya, mereka dapat menempuhnya. Jika tidak, mereka tetap dapat memilih dan memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Tetapi Penyetaraan ini digunakan untuk dapat dihargai dan setara dengan hasil pendidikan formal, tentu setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Sebagai sosok yang bertanggung jawab untuk mengantarkan anak-anak pada masa depannya, orang tua memiliki tanggung jawab sekaligus pilihan untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak. Homeschooling menjadi alternatif pendidikan yang rasional bagi orang tua; memiliki kelebihan dan kekurangan inheren di dalam sistemnya.

Tugas kita sebagai orang tua adalah memastikan bahwa kita telah memberikan yang maksimal untuk anak-anak kita, dengan segala batasan (constraint) yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar