Selasa, 19 April 2011

Melatih Anak Gemar Membaca dengan Menulis

Melatih anak suka membaca?.. pertanyaan ini yang sering dikeluhkan para bunda tentang anaknya yang malas untuk membaca. Umumnya anak-anak, ketika mengerjakan tugas Pekerjaan Rumah (PR) nya dengan banyak bertanya bukan membaca terlebih dahulu soalnya lalu dicari jawabannya di buku paketnya.

Permasalahan anak seperti ini sering juga aku jumpai di Rumah Belajar. Ketika mereka ada tugas dari sekolahnya, meraka bawa tugas sekolahnya ke Rumah Belajar. Mereka berharap Guru yang mengajarkannya di Rumah Belajar mau memberikan jawabannya. (doh)


Untuk melatih anak yang malas membaca.. aku baru menemukan formulanya melatih keponakanku Hilmy yang juga malas membaca dengan menulis. Karena rasa penasarannya ingin bisa internetan juga, dan dia sering minta aku untuk membuatkan facebook buat Hilmy, namun karena banyak pertimbangan , aku tidak mengizinkan untuk buat facebook, tiba-tiba aku punya ide kenapa aku tidak mengajarkannya untuk buat blog sendiri dan melatihnya menulis di blog pribadinya tersebut. Dan mulai lah Aku melatihnya dengan membuat blog sendiri. Di blog pribadinya aku melatih keponakanku untuk menuliskan apa yang dia baca.

Sepertinya pola seperti ini mempan untuk Hilmy, dengan memiliki blog pribadi, Hilmy jadi senang membaca dan kemudian dia menuliskan kembali hasil bacaannya di bukunya terlebih dahulu yang nantinya akan dituangkan di Blog Pribadinya.

Semoga saja, rasa malas membacanya jadi hilang. Memang benar, melatih anak bisa dengan banyak cara.

Note : Untuk akses internet, sebagai orang tua sebaiknya mendampingi anaknya, agar kita bisa memantau anaknya jangan sampai membuka situs yang tidak pantas untuk dikunjungi.


* Selamat Berkarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar