Minggu, 03 April 2011

Mengatasi anak malas belajar

Hal yang peling sering dikeluhkan oleh para orang tua adalah anaknya malas kalau disuruh belajar. Tekadang belajarnya kalau ada PR saja. Keluhan seperti ini sudah sering aku mendengarnya. Namun yang aku heran banyak orang tua yang mengeluh  tanpa mencari tahu apa penyebabnya.

Jika kita melihat anak sedang malas belajar, sebtulnya hanya dua faktor saja yang menjadi penyebabnya yang harus kita perhatikan bahkan harus dicari solusinya.


1. Capek atau tidak enak badan
Dalam hal ini ada baiknya kita buat jadwal teratur untuk belajar sianak. agar sianak bisa mengkondisikan dirinya dan siap untuk belajar. Agar sianak tidak capek, jam belajar kita jadwalkan setelah jam istirahat. Memang awalnya sianak akan merasa tersiksa dengan jadwal,  Namun kita juga perlu mensiasatinya dangen memberikan pujian atau hadiah yang tak terduga baut anak kita pada saat jadwalnya belajar.

2. Jenuh
 Terkadang kalau ditanyakan kepada sianak " tadi belajar apa di Sekolah?" seringnya sianak malas untuk menjawabnya, karena dia merasa orang tuanya pasti akan menyuruhnya untuk mengulang kembali pelajaran di Sekolahnya.  Dalam hal ini sebiknya kita mengajak anak kita belajar dengan suasana yang nyaman buat sianak.. Ingat kita mengajak sianak belajar bukan menyuruh sianak belajar. Dengan mengajak sianak belajar, kita juga ikut berkecimpung bersama anak kita belajar.

Bagi para orang tua memang harus kreatif dalam mendidik anak.. Kreaif agar sianak bisa menjadi anak yang diharapkan..

Bagaimana Menurut Para Orang tua?... Silahkan berkomentar....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar