Minggu, 27 Maret 2011

Kewajiban Orang Tua adalah Kewajiban anak

Setiap ada hak pastinya ada kewajiban.. seperti hak anak kewajiban orang tua, hak istri kewajiban suami hak murid kewajiban guru, begitu pula sebaliknya... Namun antara hak dan kewajiban seringnya tak seimbang. terkadang yang merasa memiliki hak.. selalu saja meminta haknya tanpa ada kewajibannya...

Dalam hal ini aku akan membahas hak anak kewajiban orang tua... Atas dasar pengetahuanku yang cetek ini, Anak memiliki hak atas orang tuanya.. Seperti hak mendapatkan perhatian, pendidikan, lingkungan yang baik dan lain sebagainya.

Namun seiring dengan perjalanan waktu.. antara hak dan kewajiban kian samar saja.. Banyak orang tua yang merasa sudah menunaikan kewajibannya menuntut haknya kepada anaknya seperti anaknya harus pintar, anaknya harus dapat nilai bagus bahkan jadi juara, anaknya harus jadi anak yang bisa dibanggakan. dan lain sebgainya. Padahal sudah sewajarnya orang tua punya kewajiban atas anaknya tanpa harus menuntut haknya.

Dalam dunia pendidikan sangat kentara sekali kalau banyak orang tua yang menuntut hak atas anaknya setelah menunaikan kewajibannya.  Banyak orang tua yang memaksakan kehendaknya atas atas anaknya, seperti dalam hal minat anak yang sering berbeda dengan keinginan orang tua tanpa memahami bagaimana kondisi anaknya. Dalam kasus seperti ini banyak orang tua yang tidak mau tahu apa sebetulnya minat anak , bagaimana cara belajar sianak, seringnya memaksa apa yang menjadi keinginan orang tua kepada anaknya. 

Merasa terpaksa, atau karena tekanan dari orang tua yang membuat banyak aturan terhadap anaknya seringkali membuat anaknya stres, jiwanya terganggu bahkan banyak anak yang prilakunya buruk sebetulnya penyebab yang mendasar dari orang tuanya. Tak jarang juga mendengar kasus bunuh diri diusia masih sekolah karena tekanan dan ketakutan yang berlebihan dari orang tua.

Lalu sebetulnya mana Hak Anak adalah kewajiban Orang Tua??....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar